KONSEP DASAR KEPERAWATAN PERIOPERATIF


A. Landasan Teoritis Keperawatan Perioperatif
1.Defenisi
            Keperawatan Perioperatif adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan keragaman fungsi keperawatan yang berkaitan dengan pengalaman pembedahan pasien . Kata perioperatif adalah gabungan dari tiga fase pengalaman pembedahan yaitu : pre operatif, intra operatif dan post operatif.

2.Etiologi
            Pembedahan dilakukan untuk berbagai alasan (Buku ajar Keperawatan Medikal Bedah Brunner dan Suddarth ) seperti :
a.       Diagnostik, seperti dilakukan biopsi atau laparatomi eksplorasi
b.      Kuratif, seperti ketika mengeksisi masa tumor atau mengangkat apendiks yang inflamasi
c.       Reparatif, seperti memperbaiki luka yang multipek
d.      Rekonstruktif atau Kosmetik, seperti perbaikan wajah
e.       Paliatif, seperti ketika harus menghilangkan nyeri atau memperbaiki masalah, contoh ketika selang gastrostomi dipasang untuk mengkompensasi terhadap kemampuan untuk menelan makanan

3.Tahap dalam Keperawatan Perioperatif
a. Fase Pre operatif
            Fase pre operatif merupakan tahap pertama dari perawatan perioperatif yang dimulai ketika  pasien diterima masuk di ruang terima pasien dan berakhir ketika pasien dipindahkan ke meja operasi untuk dilakukan tindakan pembedahan.
             Pada fase ini lingkup aktivitas keperawatan selama waktu tersebut dapat mencakup penetapan pengkajian dasar pasien di tatanan klinik ataupun rumah, wawancara pre operatif dan menyiapkan pasien untuk anestesi yang diberikan pada saat pembedahan.
            Persiapan pembedahan dapat dibagi menjadi 2 bagian, yang meliputi persiapan psikologi baik pasien maupun keluarga dan persiapan fisiologi (khusus pasien).
·      Persiapan Psikologi
            Terkadang pasien dan keluarga yang akan menjalani operasi emosinya tidak stabil. Hal ini dapat disebabkan karena takut akan perasaan sakit, narcosa atau hasilnya dan keeadaan sosial ekonomi dari keluarga. Maka hal ini dapat diatasi dengan memberikan penyuluhan untuk mengurangi kecemasan pasien. Meliputi penjelasan tentang peristiwa operasi, pemeriksaan sebelum operasi (alasan persiapan), alat khusus yang diperlukan, pengiriman ke ruang bedah, ruang pemulihan, kemungkinan pengobatan-pengobatan setelah operasi, bernafas dalam dan latihan batuk, latihan kaki, mobilitas dan membantu kenyamanan.
·      Persiapan Fisiologi, meliputi :
§  Diet (puasa) à pada operasi dengan anaesthesi umum, 8 jam menjelang operasi pasien tidak diperbolehkan makan, 4 jam sebelum operasi pasien tidak diperbolehkan minum. Pada operasai dengan anaesthesi lokal /spinal anaesthesi makanan ringan diperbolehkan. Tujuannya supaya tidak aspirasi pada saat pembedahan, mengotori meja operasi dan mengganggu jalannya operasi.
§  Persiapan Perut à Pemberian leuknol/lavement sebelum operasi dilakukan pada bedah saluran pencernaan atau pelvis daerah periferal. Tujuannya mencegah cidera kolon, mencegah konstipasi dan mencegah infeksi.
§  Persiapan Kulit à Daerah yang akan dioperasi harus bebas dari rambuy
§  Hasil Pemeriksaan à hasil laboratorium, foto roentgen, ECG, USG dan lain-lain.
§  Persetujuan Operasi / Informed Consent à Izin tertulis dari pasien / keluarga harus tersedia.        
b. Fase Intra operatif
            Fase intra operatif dimulai ketika pasien masuk atau dipindahkan ke instalasi bedah dan berakhir saat pasien dipindahkan ke ruang pemulihan.
            Pada fase ini lingkup aktivitas keperawatan mencakup pemasangan IV cath, pemberian medikasi intaravena, melakukan pemantauan kondisi fisiologis menyeluruh sepanjang prosedur pembedahan dan menjaga keselamatan pasien. Contoh : memberikan dukungan psikologis selama induksi anestesi, bertindak sebagai perawat scrub, atau membantu mengatur posisi pasien di atas meja operasi dengan menggunakan prinsip - prinsip dasar kesimetrisan tubuh.
            Prinsip tindakan keperawatan selama pelaksanaan operasi yaitu pengaturan posisi karena posisi yang diberikan perawat akan mempengaruhi rasa nyaman pasien dan keadaan psikologis pasien.
·         Faktor yang penting untuk diperhatikan dalam pengaturan posisi pasien adalah :
§  Letak bagian tubuh yang akan dioperasi.
§  Umur dan ukuran tubuh pasien.
§  Tipe anaesthesia yang digunakan.
§  Sakit yang mungkin dirasakan oleh pasien bila ada pergerakan (arthritis).
·         Prinsip-prinsip didalam pengaturan posisi pasien : Atur posisi pasien dalam posisi yang nyaman dan sedapat mungkin jaga privasi pasien, buka area yang akan dibedah dan kakinya ditutup dengan duk.
            Anggota tim asuhan pasien intra operatif biasanya di bagi dalam dua bagian. Berdasarkan kategori kecil terdiri dari anggota steril dan tidak steril :
·         Anggota steril, terdiri dari : ahli bedah utama / operator, asisten ahli bedah, Scrub Nurse / Perawat Instrumen
·         Anggota tim yang tidak steril, terdiri dari : ahli atau pelaksana anaesthesi, perawat sirkulasi dan anggota lain (teknisi yang mengoperasikan alat-alat pemantau yang rumit).

c. Fase Post operatif
            Fase Post operatif merupakan tahap lanjutan dari perawatan pre operatif dan intra  operatif yang dimulai ketika klien diterima di ruang pemulihan (recovery room)/ pasca anaestesi dan berakhir sampai evaluasi tindak lanjut pada tatanan klinik atau di rumah.
            Pada fase ini lingkup aktivitas keperawatan mencakup rentang aktivitas yang luas selama periode ini. Pada fase ini fokus pengkajian meliputi efek agen anestesi dan memantau fungsi vital serta mencegah komplikasi. Aktivitas keperawatan kemudian berfokus pada peningkatan penyembuhan pasien dan melakukan penyuluhan, perawatan tindak lanjut dan rujukan yang penting untuk penyembuhan dan rehabilitasi serta pemulangan ke rumah.
            Fase post operatif meliputi beberapa tahapan, diantaranya adalah :
·         Pemindahan pasien dari kamar operasi ke unit perawatan pasca anastesi (recovery room)
 Pemindahan ini memerlukan pertimbangan khusus diantaranya adalah letak insisi bedah, perubahan vaskuler dan pemajanan. Pasien diposisikan sehingga ia tidak berbaring pada posisi yang menyumbat drain dan selang drainase. Selama perjalanan transportasi dari kamar operasi ke ruang pemulihan pasien diselimuti, jaga keamanan dan kenyamanan pasien dengan diberikan pengikatan diatas lutut dan siku serta side rail harus dipasang untuk mencegah terjadi resiko injury. Proses transportasi ini merupakan tanggung jawab perawat sirkuler dan perawat anastesi dengan koordinasi dari dokter anastesi yang bertanggung jawab.
·         Perawatan post anastesi di ruang pemulihan atau unit perawatan pasca anastesi
Setelah selesai tindakan pembedahan, pasien harus dirawat sementara di ruang pulih sadar (recovery room : RR) atau unit perawatan pasca anastesi (PACU: post anasthesia care unit) sampai kondisi pasien stabil, tidak mengalami komplikasi operasi dan memenuhi syarat untuk dipindahkan ke ruang perawatan (bangsal perawatan).
 PACU atau RR biasanya terletak berdekatan dengan ruang operasi. Hal ini disebabkan untuk mempermudah akses bagi pasien untuk  :
§  perawat yang disiapkan dalam merawat pasca operatif (perawat anastesi)
§  ahli anastesi dan ahli bedah
§  alat monitoring dan peralatan khusus penunjang lainnya.

4. Klasifikasi Perawatan Perioperatif
            Menurut urgensi dilakukan tindakan pembedahan, maka tindakan pembedahan dapat diklasifikasikan menjadi 5 tingkatan, yaitu :
a.       Kedaruratan/Emergency à Pasien membutuhkan perhatian segera, gangguan mungkin mengancam jiwa. Indikasi dilakukan pembedahan tanpa di tunda. Contoh : perdarahan hebat, obstruksi kandung kemih atau usus, fraktur tulang tengkorak, luka tembak atau tusuk, luka bakar sanagat luas.
b.      Urgen à Pasien membutuhkan perhatian segera. Pembedahan dapat dilakukan dalam 24-30 jam. Contoh : infeksi kandung kemih akut, batu ginjal atau batu pada uretra.
c.       Diperlukan à Pasien harus menjalani pembedahan. Pembedahan dapat direncanakan dalam beberapa minggu atau bulan. Contoh : Hiperplasia prostat tanpa obstruksi kandung kemih. Gangguan tyroid, katarak.
d.      Elektif à Pasien harus dioperasi ketika diperlukan. Indikasi pembedahan, bila tidak dilakukan pembedahan maka tidak terlalu membahayakan. Contoh : perbaikan Scar, hernia sederhana, perbaikan vaginal.
e.       Pilihan à Keputusan tentang dilakukan pembedahan diserahkan sepenuhnya pada pasien. Indikasi pembedahan merupakan pilihan pribadi dan biasanya terkait dengan estetika. Contoh : bedah kosmetik.

 Sedangkan menurut faktor resikonya, tindakan pembedahan di bagi menjadi :
a.       Minor à Menimbulkan trauma fisik yang minimal dengan resiko kerusakan yang minim. Contoh : incisi dan drainage kandung kemih, sirkumsisi
b.      Mayor à Menimbulkan trauma fisik yang luas, resiko kematian sangat serius. Contoh : Total abdominal histerektomi, reseksi colon, dan lain-lain.

5. Komplikasi Post Operatif dan Penatalaksanaanya
a.       Syok
            Syok yang terjadi pada pasien bedah biasanya berupa syok hipovolemik. Tanda-tanda syok adalah : Pucat , Kulit dingin, basah, Pernafasan cepat, Sianosis pada bibir, gusi dan lidah, Nadi cepat, lemah dan bergetar , Penurunan tekanan darah, Urine pekat.
            Intervensi keperawatan yang dapat dilakukan adalah kolaborasi dengan dokter terkait dengan pengobatan yang dilakukan seperti terapi obat, terapi pernafasan, memberikan dukungan psikologis, pembatasan penggunaan energi, memantau reaksi pasien terhadap pengobatan, dan peningkatan periode istirahat.
b.      Perdarahan
            Penatalaksanaannya  pasien diberikan posisi terlentang dengan posisi tungkai kaki membentuk sudut 20 derajat dari tempat tidur sementara lutut harus dijag tetap lurus. Kaji penyebab perdarahan, Luka bedah harus selalu diinspeksi terhadap perdarahan.
c.       Trombosis vena profunda
            Trombosis vena profunda adalah trombosis yang terjadi pada pembuluh darah vena bagian dalam. Komplikasi serius yang bisa ditimbulkan adalah embolisme pulmonari dan sindrom pasca flebitis.
d.       Retensi urin
            Retensi urine paling sering terjadi pada kasus-kasus pembedahan rektum, anus dan vagina. Penyebabnya adalah adanya spasme spinkter kandung kemih.  Intervensi keperawatan yang dapat dilakukan adalah pemasangan kateter untuk membatu mengeluarkan urine dari kandung kemih.
e.       Infeksi luka operasi (dehisiensi, evicerasi, fistula, nekrose, abses)
            Infeksi luka post operasi dapat terjadi karena adanya kontaminasi luka operasi pada saat operasi maupun pada saat perawatan di ruang perawatan. Pencegahan infeksi penting dilakukan dengan pemberian antibiotik sesuai indikasi dan juga perawatan luka dengan prinsip steril.
f.       Sepsis
            Sepsis merupakan komplikasi serius akibat infeksi dimana kuman berkembang biak. Sepsis dapat menyebabkan kematian karena dapat menyebabkan kegagalan multi organ.
g.      Embolisme Pulmonal
            Embolsime dapat terjadi karena benda asing (bekuan darah, udara dan lemak) yang terlepas dari tempat asalnya terbawa di sepanjang aliran darah. Embolus ini bisa menyumbat arteri pulmonal yang akan mengakibatkan pasien merasa nyeri seperti ditusuk-tusuk dan sesak nafas, cemas dan sianosis. Intervensi keperawatan seperti ambulatori pasca operatif dini dapat mengurangi resiko embolus pulmonal.
h.      Komplikasi Gastrointestinal
            Komplikasi pada gastrointestinal sering terjadi pada pasien yang mengalami pembedahan abdomen dan pelvis. Komplikasinya meliputi obstruksi intestinal, nyeri dan distensi abdomen.

B.  Landasan Teoritis Asuhan Keperawatan
1.Pengkajian
a. Pengkajian fase Pre Operatif
·         Pengkajian Psikologis à meliputi perasaan takut / cemas dan keadaan emosi pasien
·         Pengkajian Fisik à pengkajian tanda-tanda vital : tekanan darah, nadi, pernafasan dan suhu.
·         Sistem integument à apakah pasien pucat, sianosis dan adakah penyakit kulit di area badan.
·          Sistem Kardiovaskuler à apakah ada gangguan pada sisitem cardio, validasi apakah pasien menderita penyakit jantung ?, kebiasaan minum obat jantung sebelum operasi., Kebiasaan merokok, minum alcohol, Oedema, Irama dan frekuensi jantung.
·          Sistem pernafasan à Apakah pasien bernafas teratur dan batuk secara tiba-tiba di kamar operasi.
·         Sistem gastrointestinal à apakah pasien diare ?
·         Sistem reproduksi à apakah pasien wanita mengalami menstruasi ?
·         Sistem saraf à bagaimana kesadaran ?
·          Validasi persiapan fisik pasien à apakah pasien puasa, lavement, kapter, perhiasan, Make up, Scheren, pakaian pasien / perlengkapan operasi dan validasi apakah pasien alaergi terhadap obat ?

b. Pengkajian fase Intra Operatif
            Hal-hal yang dikaji selama dilaksanakannya operasi bagi pasien yang diberi anaesthesi total adalah yang bersifat fisik saja, sedangkan pada pasien yang diberi anaesthesi lokal ditambah dengan pengkajian psikososial. Secara garis besar yang perlu dikaji adalah :
·         Pengkajian mental à Bila pasien diberi anaesthesi lokal dan pasien masih sadar / terjaga maka sebaiknya perawat menjelaskan prosedur yang sedang dilakukan terhadapnya dan memberi dukungan agar pasien tidak cemas/takut menghadapi prosedur tersebut.
·         Pengkajian fisik à Tanda-tanda vital (bila terjadi ketidaknormalan maka perawat harus memberitahukan ketidaknormalan tersebut kepada ahli bedah).
·         Transfusi dan infuse  à Monitor flabot sudah habis apa belum.
·         Pengeluaran urin à Normalnya pasien akan mengeluarkan urin sebanyak 1 cc/kg BB/jam.

c.Pengkajian fase Post Operatif
·         Status respirasi à Meliputi : kebersihan jalan nafas, kedalaman pernafasaan, kecepatan dan sifat pernafasan dan bunyi nafas.
·         Status sirkulatori à Meliputi : nadi, tekanan darah, suhu dan warna kulit.
·         Status neurologis à Meliputi tingkat kesadaran.
·         Balutan à Meliputi : keadaan drain dan terdapat pipa yang harus disambung dengan sistem drainage.
·         Kenyamanan àMeliputi : terdapat nyeri, mual dan muntah
·         Keselamatan à Meliputi : diperlukan penghalang samping tempat tidur, kabel panggil yang mudah dijangkau dan alat pemantau dipasang dan dapat berfungsi.
·         Perawatan àMeliputi : cairan infus, kecepatan, jumlah cairan, kelancaran cairan. Sistem drainage : bentuk kelancaran pipa, hubungan dengan alat penampung, sifat dan jumlah drainage.
·         Nyeri à Meliputi : waktu, tempat, frekuensi, kualitas dan faktor yang memperberat / memperingan.

2. Asuhan Keperawatan Perioperatif
NO.
NANDA
NOC
NIC
1.
Pre Operatif
Cemas b.d krisis situasional Operasi

Tujuan  : cemas dapat terkontrol.
Kriteria hasil :
·   Secara verbal dapat mendemonstrasikan teknik menurunkan cemas.
·   Mencari informasi yang dapat menurunkan cemas
·   Menggunakan teknik relaksasi untuk menurunkan cemas
·   Menerima status kesehatan.
Penurunan kecemasan
·   Bina hubungan saling percaya dengan klien / keluarga
·   Kaji tingkat kecemasan klien.
·   Tenangkan klien dan dengarkan keluhan klien dengan atensi
·   Jelaskan semua prosedur tindakan kepada klien setiap akan melakukan tindakan
·   Dampingi klien dan ajak berkomunikasi yang terapeutik
·   Berikan kesempatan pada klien untuk mengungkapkan perasaannya.
·   Ajarkan teknik relaksasi
·   Bantu klien untuk mengungkapkan hal-hal yang membuat cemas.
·   Kolaborasi dengan tim kesehatan lain untuk pemberian obat penenang,
2.
Pre Operatif
Kurang Pengetahuan b.d keterbatasan informasi tentang penyakit dan proses operasi

Tujuan : bertambah-nya pengetahuan pasien tentang penyakitnya.
Pengetahuan: Proses Penyakit
Kriteria hasil :
·     Pasien mampu men-jelaskan penyebab, komplikasi dan cara pencegahannya
·     Klien dan keluarga kooperatif saat dilakukan tindakan

Pendidikan kesehatan : proses penyakit
·   Kaji tingkat pengetahuan klien.
·   Jelaskan proses terjadinya penyakit, tanda gejala serta komplikasi yang mungkin terjadi
·   Berikan informasi pada keluarga tentang perkembangan klien.
·   Berikan informasi pada klien dan keluarga tentang tindakan yang akan dilakukan.
·   Diskusikan pilihan terapi
·   Berikan penjelasan tentang pentingnya ambulasi dini
·   Jelaskan komplikasi kronik yang mungkin akan muncul
3.
Post Operatif
Gangguan pertukaran gas b.d efek samping dari anaesthesi.
Tujuan : kerusakan per-tukaran gas tidak terjadi
Status Pernapasan: ventilasi
Kriteria hasil :
·  Status neurologis DBN
·  Dispnea tidak ada
·  PaO2, PaCO2, pH arteri dan SaO2 dalam batas normal
·  Tidak ada gelisah, sianosis, dan keletihan


Pengelolaan jalan napas
·   Kaji bunyi paru, frekuensi nafas, kedalaman dan usaha nafas.
·   Auskultasi bunyi napas, tandai area penurunan atau hilangnya ventilasi dan adanya bunyi tambahan
·   Pantau hasil gas darah dan kadar elektrolit
·   Pantau status mental
·   Observasi terhadap sianosis, terutama membran mukosa mulut
·   Pantau status pernapasan dan oksigenasi
·   Jelaskan penggunaan alat bantu yang diperlukan (oksigen, pengisap,spirometer)
·   Ajarkan teknik bernapas dan relaksasi
·   Laporkan perubahan sehubungan dengan pengkajian data (misal: bunyi napas, pola napas, sputum,efek dari pengobatan)
·   Berikan oksigen atau udara yang dilembabkan sesuai dengan keperluan

4.
Post Operatif
Kerusakan integritas kulit b.d luka post operasi
Tujuan : kerusakan integritas kulit tidak terjadi.
Penyembuhan Luka: Tahap Pertama
Kriteria hasil :
·  Kerusakan kulit tidak ada
·  Eritema kulit tidak ada
·  Luka tidak ada pus
·  Suhu kulit DBN
Perawatan luka
·   Ganti balutan plester dan debris
·   Cukur rambut sekeliling daerah yang terluka, jika perlu
·   Catat karakteristik luka bekas operasi
·   Catat katakteristik dari beberapa drainase
·   Bersihkan luka bekas operasi dengan sabun antibakteri yang cocok
·   Rendam dalam larutan saline yang sesuai
·   Berikan pemeliharaan lokasi IV
·   Sediakan pemeliharaan luka bekas operasi sesuai kebutuhan
·   Berikan pemeliharaan kulit luka bernanah sesuai kebutuhan
·   Gunakan unit TENS (Transcutaneous Elektrikal Nerve Stimulation) untuk peningkatan penyembuhan luka bekas operasi yang sesuai
·   Gunakan salep yang cocok pada kulit/ lesi, yang sesuai
·   Balut dengan perban yang cocok
·   Pertahankan teknik pensterilan perban ketika merawat luka bekas operasi
·   Periksa luka setiap mengganti perban
·   Bandingkan dan mencatat  secara teratur perubahan-perubahan pada luka
·   Jauhkan tekanan pada luka
·   Ajarkan pasien dan anggota keluarga prosedur perawatan luka

5.
Post Operatif
Nyeri akut b.d proses pembedahan
Tujuan : Nyeri dapat teratasi.
Kontrol Resiko
Kriteria hasil :
·      Klien melaporkan nyeri berkurang dg scala 2-3
·      Ekspresi wajah tenang
·      klien dapat istirahat dan tidur
·      v/s dbn
Manajemen Nyeri :
·   Kaji nyeri secara komprehensif ( lokasi, karakteristik, durasi, frekuensi, kualitas dan faktor presipitasi ).
·   Observasi  reaksi NV dr ketidak nyamanan.
·   Gunakan teknik komunikasi terapeutik untuk mengetahui pengalaman nyeri klien
·   Kontrol faktor lingkungan yang mempengaruhi nyeri seperti suhu ruangan, pencahayaan, kebisingan.
·   Pilih dan lakukan penanganan nyeri (farmakologis/non farmakologis).
·   Ajarkan teknik non farmakologis (relaksasi, distraksi dll) untuk mengetasi nyeri.
·   Kolaborasi pemberian analgetik untuk mengurangi nyeri.
·   Evaluasi tindakan pengurang nyeri
·   Monitor TTV


Komentar

  1. sangat membantu
    mkasih................

    BalasHapus
  2. Casino in Las Vegas: Guide & Info on the Best Casinos in
    Find a Casino in 바카라 사이트 Las Vegas and play games like 메이피로출장마사지 blackjack, roulette, craps and more! We've titanium metal trim got the 1xbet 먹튀 complete gaming experience, septcasino exclusive restaurants,

    BalasHapus

Posting Komentar